RAHASIA RESEP SOTO AYAM BENING SOLO YANG SWEGEERRR...

Masakan Jawa Tengah - Cara Membuat Soto ayam bening Khas Sragen - Solo, Seperti janji saya sebelumnya bahwa Untuk melengkapi masakan Soto pada kesempatan ini akan saya bagikan cara membuat soto ayam bening khas daerah Solo - Sragen dan sekitarnya termasuk Jogjakarta juga bening. Karena Sragen ini masuk kedalam kodya surakarta (Solo) selera masakanyapun sama yaitu jika membuat soto pasti bening, tidak seperti daerah lain yang ada warna kuning pekat.

Di daerah Solo ini ada 2 macam soto yaitu soto kuali yang menggunakan daging sapi dan soto bening yang menggunakan daging Ayam kampung dan biasanya juga campur daging sapi, tergantung selera pembeli.


Saran saya jangan membeli bumbu soto yang instan yang biasanya di jual di warung warung itu, kalau kita membeli nanti akan beda rasanya sebab yang anda beli itu selera umum bukan selera khas satu daerah. Untuk membuat soto bening ini cukup mudah, mari kita mulai membuat soto bening khas Jogjakarta, solo, sragen..


Cara Membuat Soto Bening Solo, Jogjakarta Dan Sragen

Bahan bahan Soto: 

► 500 gram daging ayam
► 300 gram kol, iris-iris tipis
► 2 L air
► 75 gram soun, rendam dengan air panas (Jika Suka)
► 3 batang serai
► 4 butir telur rebus
► 3 cm lengkuas
► 4 batang daun bawang
► 2 batang seledri
► 4 lembar daun jeruk
► 250 gram tauge yang pendek dan kriting
► 3 buah tomat, iris-iris
► 4 lembar daun salam
► Bawang goreng secukupnya

Bumbu Soto Ayam Yang Dihaluskan

► 4 siung bawang merah
► 7 siung bawang putih
► 3 sendok teh garam
► 2 ruas jahe
► 1 sendok teh merica
► 6 butir kemiri
► 2 ruas kunyit

Cara  Membuat Resep Soto Ayam

►  Tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai tercium bau harum.
  • Selanjutnya rebus daging ayam dan dicampurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan, angkat ayam yang sudah direbus, pisahkan dengan tulang dan suwir kecil-kecil.
  • Atau Ada cara lain yaitu Ayam di rebus terpisah sampai empuk, kemudian diangkat ayamnya saja nanti di goreng. Nah air bekas rebusan tadi di jadikan kuah karena sudah ada kaldunya. Masukan bumbu yang sudah di tumis tadi  tambahkan 2 tomat di iris jadi 2-2 kemudian aduk (cara Sragen)
►  Tambahkan lengkuas, daun jeruk, daun salam dan daun serai. Aduk sampai daging ayam menjadi empuk.
►  Tambahkan garam dan gula pada kaldu ayam bekas rebusan daging ayam.
►  Tambahkan daun bawang dan jangan lupa untuk mendidihkan lagi kuah sotonya sebelum dihidangkan.

Cara penyajian:
  • Siapkan Nasi dan mie soun (Kalau anda suka) yang sudah direndam air panas ke dalam mangkok. 
  • Tambahkan dengan irisan tomat, ayam, kol, irisan telur (jika suka), taoge dan bawang goreng secukupnya. Siram dengan menggunakan kuah soto yang sudah mendidih tadi. 
  • Tambahkan kecap manis yang botolan di uwer uwer (bahasa mana tu..) di atasnya dan bagi yang suka pedas tambahkan sambal korek yang pwedes itu. dan Soto siap di santap..
Baca juga: Cara Membuat Soto Lamongan

Begitulah RAHASIA RESEP SOTO AYAM  BENING  SOLO YANG SWEGEERRR...Selamat mencoba dan nikmati segernya soto bening ini. Kalau di Solo dan sekitarnya ini biasanya buat menu sarapan dan makan siang.
Advertisement
RAHASIA RESEP SOTO AYAM  BENING  SOLO YANG SWEGEERRR...
Buka Komentar