CARA MEMBUAT SOTO LAMONGAN YANG SWEGERR..!!!

Resep Masakan Jawa Timur - Cara Membuat Soto Lamongan Yang Swegerr...!!! Soto lamongan ini banyak kita jumpai di kota kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta dan Surabaya. Para pedagang soto lamongan ini biasanya di pinggir jalan atau trotoar sehingga mudah sekali kita jumpai, bukan hanya soto yang mereka tawarkan tapi beberapa menu lain-nya seperti pecel lele, ayam goreng dan nasi goreng. Teringat saya saat masih bujangan tempat tinggal masih ngontrak, kalau waktu mulai malam dan perut mulai lapar malas ke warung nasi karena pastinya sayur sudah pada dingin bikin gak nafsu makan. Biasanya saya keluar ke jalan raya cari soto lamongan, wah..memang cocok aget anget anget, walaupun jalan kaki agak capek tapi setelah menikmati swegerr-nya soto lamongan ini terbayar sudah capeknya.


Bicara Masakan soto, tiap daerah beda cara dan bahan-nya termasuk soto lamongan ini. Penasaran ingin bikin soto lamongan ala warung tenda yang ada di pinggir jalan dan trotoar itu? yuk...mari kita kumpulkan bahan bahan-nya...

CARA MEMBUAT SOTO LAMONGAN JAWA TIMUR YANG SWEGERR..!!!

Bahan Soto Lamongan:

► Setengah ekor ayam (300gr) ayam
► 1.750 ml air atau kira kira sendiri
► 2 cm lengkuas, memarkan
► 1 butir cengkeh
► 2 batang serai, memarkan
► 1 sdt garam
► minyak goreng
► 2 sdt air jeruk nipis
► 1 sdm kecap manis

Bumbu soto lamongan yang dihaluskan:

► 8 butir bawang merah
► 4 siung bawang putih
► 2 cm kunyit
► 2 cm jahe
► 1 sdt merica
► 1 sdm ketumbar sangrai
► 3 butir kemiri sangrai

Pelengkap Soto Ayam Lamongan:

► 100 gr toge atau kira kira sendiri
► 30 gr mi su'un/bihun kering
► 2 butir telur rebus
► 30 gr kol, iris tipis
► 1 batang seledri, iris tips
► 1 sdm bawang putih goreng
► cabe rawit

Cara Membuat dan memasak Soto Lamongan:

  • Pertama untuk cara membuat Soto Lamongan Anda Masukkan ayam bersama air ke dalam sebuah panci, selanjutnya Anda tambahkan juga lengkuas, cengkeh, serai dan tidak lupa juga garam, masak hingga semua mendidih lalu kecilkan apinya.
  • Setelah itu rebus sampai kaldu ayam berminyak dan juga ayam menjadi lunak. Kemudian keluarkan ayam dari panci lalu ukur kaldunya sebanyak 1.250 ml.
  • Anda Rebus kembali kaldu diatas api kecil dan setelah itu Goreng ayam sampai kering, angkat, tiriskan dan suwir-suwir dagingnya lalu Anda sisihkan.
  • Selanjutnya Anda panaskan 4 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus sampai bau harum, setelah itu angkat lalu masukkan kedalam panci kaldu yang dibuat. Masak terus hingga bau bumbu hilang dan juga kuahnya tinggal 1000ml. Kemudian tambahkan air jeruk nipis dan juga kecap manis.
  • Langkah berikutnya Anda seduh toge dan juga suun dengan air panas secara terpisah, lalu tiriskan. Kemudian Kupas telur rebus, dan Anda belah masing-masing menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Lalu Anda siapkan mangkuk saji, setelah itu letakkan ayam yang telah disuwir-suwir, kemudian toge, mi suun/bihun dan juga kol. Siram dengan kuah panas, taburi seledri dan juga bawang putih goreng. Kemudian taruh telur rebus di atasnya, Terakhir sajikan selagi panas bersama cabe rawit

Untuk mi su'un atau bihun sebagai alternatif saja soalnya ada yang tidak suka pakai mi su'un atau bihun mereka langsung dimakan dengan nasi. Demikianlah cara membuat soto lamongan jawa timur yang swegerr..!!! ala warung tenda di pinggir jalan dan trotoar. Nantikan resep soto Solo Bening pada halaman berikutnya..

Sumber : http://resepcaramemasak.info/
Advertisement
CARA MEMBUAT SOTO LAMONGAN YANG SWEGERR..!!!
Buka Komentar