RESEP SUP TULANG SUMSUM SAPI SPESIAL UNIK DAN LEZAT

Bagaimana Cara membuat Sup Tulang Sumsum yang Paling Enak? - Seonggok tulang sapi yang tak ada dagingnya sepertinya hanya menjadi sampah jika yang mendapatkan tidak bisa memasak, namun berbeda jika di tangan orang yang biasa memasak, meraka akan berpikir bagaimana caranya agar tulang ini tidak terbuang sis sia dan bahkan di jadikan menu masakan yang unik dan spesial.
Tulang sapi yang seakan tak berguna itu bisa di jadikan sop tulang yang benar benar nikmat, anda bisa lihat di berbagai rumah makan khususnya di perkotaan sup tulang menjadi menu istimewa dan banyak diburu para penggila kuliner.

Cara mekannyapun sangat unik yaitu dengan di sedot menggunakan sedotan minuman, sensasi yang didapat ketika sumsum tulang berhasil di didapat sungguh laur biasa nikmatnya. Lalu bagaimana cara membuat sup tulang ala restoran itu? Oke di sini akan kami berikan caranya, intinya anda harus mengeluarkan aroma dari kaldu tulang tersebut agar keluar, untuk caranya sebagai berikut;

Resep Dan Cara Membuat Sup Tulang Spesial

Bahan Bahan:
  • Tulang Sapi bagian kaki
  • Sedikit Cuka
  • Air secukupnya
  • Garam 
  • Gula pasir secukupnya (jika anda suka rasa manis)
  • Peyedap rasa serba guna
Sayur tambahan (Jika anda Suka); bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri. Dan untuk menghilagkan bau amis tambahkan; kapulaga, cengkeh, pala, adas bintang, dan jahe

Cara Memasik Tulang
  1. Mula mula silahkan beli tulang sapi dengan sumsum dari penjual daging langganan Anda. Minta ia untuk memotong tulang dengan potongan agak kecil, sekitar 5 – 7 cm. Potongan kecil membantu mempersingkat proses memasak dan melepaskan nutrisi dari sumsum ke dalam kaldu. 
  2. Panggang tulang dalam oven suhu 200°C selama 45 – 90 menit sampai tulang berwarna kecoklatan, jika tidak ada oven anda dapat membakarnya dengan arang. Proses pemanggangan ini akan membantu meningkatkan rasa kuah kaldu sup. 
  3. Masukkan tulang sumsum yang telah dipanggang dalam panci besar. Lalu, isi panci dengan air hingga tulang terendam sempurna. Tapi, usahakan agar panci tidak terlalu penuh terisi air, yaitu sekitar ¾ penuh saja. 
  4. Tambahkan sedikit cuka ke dalam air rebusan untuk membantu mengeluarkan nutrisi dari tulang ke dalam kaldu. 
  5. Rebus tulang dengan api agak besar sampai hampir mendidih, sebelum air berbuih. Lalu, kecilkan api dan terus rebus tulang sampai sekitar 8 jam. Tambahkan air panas ke dalam kaldu untuk menjaga agar tulang tetap terendam sempurna dalam air. Cara ini dilakukan kalau Anda memang menginginkan sumsum meleleh ke dalam kaldu. 
  6. Kalau Anda ingin menikmati sumsum tulang dengan cara yang lebih sedap, yaitu menyedot sumsum langsung dari tulangnya, sebaiknya tulang sumsum direbus sekitar 1 jam saja. Setelah direbus, tulang sumsum lalu dikukus selama 30 menit. Hasilnya, sumsum yang sudah matang dan nikmat, tapi masih menempel dalam tulang. 
  7. Tambahkan bumbu garam, penyaedap rasa dan gula pasir secukupnya. Jika mau dan berselera pedas silhkan tambahkan ulegan cabai rawit atau cabai merah, Anda bisa menambahkan sayuran dan bumbu masak seperti bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri, dll. Anda bebas mengkreasikan sup sesuai selera Anda. Tambahkan pula rempah seperti kapulaga, cengkeh, pala, adas bintang, dan jahe untuk menghilangkan bau amis dari tulang sapi. 
  8. Setelah tulang matang dan Anda sudah mendapatkan kaldu sesuai selera Anda, matikan api. Buang lapisan lemak yang mengambang di bagian atas kaldu, selagi hangat sup sumsum tulang ini siap anda nikmati
Coba Juga : Cara Memasak Sop Buntut Sapi Yang Paling Enak 
Pada intinya cukup sederhana dan bumbunya juga tidak lengkap juga tidak apa apa, yang penting kaldu dari dalam tulang bisa keluar sehingga membuat sedap pada kuahnya. Oke sahabta semua, begitulah resp dan cara membuat sup tulang yang benar dan pastinya nikmatnya nggak ketulungan...

Reverensi: 
http://www.royco.co.id/Artikel/Detail/606539/memasak-tulang-sumsum-sapi-dengan-mudah
http://lifestyle.kontan.co.id/news/sluurrp...-kenikmatannya-sampai-ke-tulang-sumsum-1 
http://healthyeating.sfgate.com/boil-beef-marrow-bone-5721.html 
Advertisement
RESEP SUP TULANG SUMSUM SAPI SPESIAL UNIK DAN LEZAT
Buka Komentar